Minggu, 19 Desember 2010

Individu, Keluarga, dan Masyarakat.


Setiap orang (individu) pasti tidak akan terlepas dengan lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat dan tiap individu ini pasti mengalami pertumbuhan di lingkungan tersebut. Pertumbuhan disini merupakan perkembangan suatu individu. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan seseorang, seperti yang paling utama yaitu di lingkungan keluarga. Di lingkungan keluarga ini seseorang paling pertama mendapatkan suatu pengajaran dan arahan karena keluarga merupakan orang yang terdekat  yang bisa mengarahkan seseorang, membawa kearah mana seseorang tersebut, apakah akan diarahkan menuju ke individu yang memiliki kepribadian yang baik atau sebaliknya, dengan kata lain keluarga bisa menjadi salah satu tempat pembentukan kepribadian seseorang.

            Adapun pengertian keluarga merupakan bagian kecil dari masyarakat besar yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anaknya. Di atas keluarga ada yang disebut dengan masyarakat, masyarakat disini merupakan sekumpulan manusia atau individu yang hidup bersama di dalam suatu tempat dengan aturan tertentu.

            Di dalam kehidupan bermasyarakat ini terdapat dua golongan masyarakat yakni masyarakat nonindustri dan masyarakat industri, dimana terdapat perbedaan dalam hal perekonomian atau dengan kata lain ada yang kaya dan tentu saja yang miskin. Masalah perekonomian ini yang sering membawa individu untuk melakukan perbuatan yang melanggar hukum terutama bagi individu yang ingin mendapatkan kekayaan tanpa harus bekerja keras. Atau  ada juga bagi orang yang tinggal di desa, misalnya ia memiliki penghasilan yang rendah di daerah asalnya, sehingga ia melakukan urbanisasi ke kota-kota besar dengan harapan dapat meningkatkan taraf hidupnya.

            Jadi dapat disimpulkan bahwa selain lingkungan keluarga,lingkungan masyarakat juga merupakan hal penting yang berpengaruh terhadap perkembangan suatu individu, karena lingkungan masyarakat merupakan tempat individu bersosialisasi dalam kesehariannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar