Sabtu, 09 Oktober 2010

Peranan Sistem Informasi Dalam Pemilukada


            Kita tahu bahwa tekhnologi sekarang bisa dipakai dalam berbagai bidang, misalnya dalam pemilukada, ketika KPU ingin menyampaikan hasil dari pemilihan suara masyarakat disinilah sistem informasi berperan sangat penting. dulu KPU harus menunggu data dari daerah,Kini kita sudah mendengar istilah Quick Count, tidak lain adalah proses perhitungan secara cepat hasil pemilihan suara masyarakat.

            Cara kerja quick count sendiri ialah sebagai berikut mempersiapkan perangkat serta sistem pendukung untuk bisa mengirimkam data secara cepat ke pusat pengolah lembaga survey, perangkat tersebut mulai dari computer untuk input data, handphone untuk mengirim SMS hasil perolehan suara ke server tempat menerima data. pemilihan TPS secara acak menurut pertimbangan jumlah penduduk. mempersiapkan relawan untuk mengambil sampel dan menginputnya ke sistem data. data yang telah dikirim ke pusat nantinya akan diolah dengan terapan ilmu statistik dengan begitu lembaga survey bisa menghitung secara cepat siapa yang memenangkan pemilu.

           Dari informasi di atas kita bisa tahu bagaimana pentingnya peran tekhnologi/sistem informasi dalam berbagai bidang bahkan untuk pemilukada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar