COCOMO merupakan singkatan dari Constructive Cost Model, yang berarti
sebuah model parametris pengestimasian yang menghitung jumlah FP dalam
perencanaan serta pengembangan perangkat lunak, COCOMO sendiri
memiliki 3 jenis pengimplementasian dalam evolusinya sejak awal
kejadiannya hingga kini, yaitu:
Basic (COCOMO I 1981)
Menghitung dari estimasi jumlah LOC (Lines of Code);
Pengenalan
Cocomo ini diawali tahun 70-an akhir. Sang pelopor Boehm, melakukan
riset dengan mengambil kasus dari 63 proyek perangkat lunak untuk
membuat model matematisnya. Model dasar dari model ini adalah sebuah
persamaan sebagai baerikut :
effort = C * size^M
ket :
effort
adalah usaha yang dibutuhkan selama proyek, diukur dalam person-months;
c dan M
adalah konstanta-konstanta yang dihasilkan dalam riset Boehm dan tergantung pada penggolongan besarnya proyek perangkat lunak;
size
adalah estimasi jumlah baris kode yang dibutuhkan untuk implementasi, dalam satuan KLOC (kilo lines of code)
Intermediate (COCOMO II 1999)
Menghitung
dari besarnya program dan “cost drivers” (faktor-faktor yang
berpengaruh langsung kepada proyek), seperti: perangkat keras, personal,
dan atribut-atribut proyek lainnya. Selain itu pada jenis ini, COCOMO
mempergunakan data-data historis dari proyek-proyek yang pernah
menggunakan COCOMO I, dan terdaftar pengelolaan proyeknya dalam COCOMO
database. yang dijabarkan dalam kategori dan subkatagori sebagai berikut
a. Atribut produk (product attributes)
1. Reliabilitas perangkat lunak yang diperlukan (RELY)
2. Ukuran basis data aplikasi (DATA)
3. Kompleksitas produk (CPLX)
b. Atribut perangkat keras (computer attributes)
1. Waktu eksekusi program ketika dijalankan (TIME)
2. Memori yang dipakai (STOR)
3. Kecepatan mesin virtual (VIRT)
4. Waktu yang diperlukan untuk mengeksekusi perintah (TURN)
c. Atribut sumber daya manusia (personnel attributes)
1. Kemampuan analisis (ACAP)
2. Kemampuan ahli perangkat lunak (PCAP)
3. Pengalaman membuat aplikasi (AEXP)
4. Pengalaman penggunaan mesin virtual (VEXP)
5. Pengalaman dalam menggunakan bahasa pemrograman (LEXP)
d. Atribut proyek (project attributes)
1. Penggunaan sistem pemrograman modern(MODP)
2. Penggunaan perangkat lunak (TOOL)
3. Jadwal pengembangan yang diperlukan (SCED)
Advanced
Memperhitungkan
semua karakteristik dari “intermediate” di atas dan “cost drivers”
dari setiap fase (analisis, desain, implementasi, dsb) dalam siklus
hidup pengembangan perangkat lunak.
sumber :
- http://www.scribd.com/doc/49646935/COCOMO
- http://pu2tgoclo.blogspot.com/2011/04/apa-itu-cocomo-dan-apa-saja-jenis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar